Jumat, 14 April 2017

Review Workshop I PMW



Auditorium FMIPA UGM, 9 April 2017
Mendapat kesempatan belajar dalam Program Mahasiswa Wirausaha UGM 2017 bersama dua kawan, Ratih Sanggra dan Yolanda Reptami dengan produk kami yakni Badoet. Badoet merupakan Buah Dan Sayur Gelato: Gelato Unik Citarasa Lezat Buah dan Sayur Kaya Nutrisi sebagai Makanan Pelengkap Sehari – hari.
Berikut adalah sedikit ringkas ilmu dari penugasan Workshop I

Sesi I: Wirausaha
Wirausaha bukan melulu mencari uang. Yang lebih mulia yakni niatkan mencari nafkah.
Teori Robert T Kiyosaki
-         1.  Employee: Menolak risiko, Gaji tetap, Penuh aturan dan tekanan.
-         2. Self employee: Penghasilan bergantung pada kinerja, missal dokter
-         3. Business Owner: Spesifik memiliki satu perusahaan
-         4. Investor: Memiliki beberapa perusahan.
Teori wirausaha: Lebih baik tetap berpenghasilan daripada berpenghassilan tetap.

Ciri wirausaha adalah usaha yang bertumbuh, penuh ketidakpasstian, riil, legal. Wirausaha yang diwariskan umumnya hanya bertahan tiga generasi keturunan saja, karena perjuangan merintis kurang diwariskan.

Konsep: Dreams, Decisivenes, Doers, Determination, Dedication.

Transformasi pola pikir: Pola pikir Negatif -> Positif-> Benar (Rasional)

Bill Gates, pendiri Microsoft pernah turun menjadi peringkat dua terkaya di dunia. Hingga Bill Gates memutuskan memberikan donasi 50% dari kekayaannya untuk kesehatan masyarakat negara berkembang. Namun setelah berdonasi, peringkat kekayaan Bill Gates justru naik. Hikmah: layakkan diri agar dipercaya Allah untuk mendapat takdir yang lebih baik.

Sesi II: Effective Comminication
-Komunikassi adalah fokus untuk benar benar terhubung dengan yang lain.
-Tidak harus inferior kepada yang lebih tua, atau superior kepada yang lebih muda.
-Sewajarnya saja dan saling menghormati-menghargai.
-Tujuan bersama komunikasi adalah tersampaikannya informasi dari komunikator sehingga terwujud -feedback positif dari komunikan.
-Komunikasi harus sesuai kondisi dan seimbang antara verbal, nonverbal, written, and visual.
-Respon atau Feedback negatif lebih cepat menyebar dibanding respon positif.

Sesi Diskusi:
Harga bahan baku naik? Bahan baku bisa dibeli, tapi kepercayaan konsumen tidak bisa dibeli. Launching produk perlu perhatikan budaya konsumen. Gaya bahasa promosi penting untuk kesuksesan usaha.

Anggota Kelompok yang hadir:
Hidrotunnisa
Ratih Sanggra
Yolanda Reptami P

Tidak ada komentar:

Posting Komentar